Begini Cara Jualan Online Lewat Media Sosial dan E-Commerce

Kamu bermimpi menjadi pebisnis? Profesi ini memberikan kamu kesempatan untuk mandiri dan berinovasi. Karena zaman sudah modern, sebagai pebisnis kamu nggak harus mengandalkan toko fisik. Justru, kamu wajib tahu cara jualan lewat media sosial yang jitu.

Semuanya sekarang terkoneksi lewat Internet. Kalau kamu sudah menguasai hal ini, maka kesuksesan bakal menghampirimu. Begitu mudah buatmu melakukan ekspansi bisnis dan menjaring pelanggan baru.

Bingung bagaimana sih cara jualan lewat media sosial? Gak usah berkecil hati kalau kamu adalah pemain baru. Simak tips di bawah ini ya:

Hindari Pakai Pengikut Palsu

Siapa yang nggak ingin punya banyak pengikut di media sosial. Alasan utamanya tentu kemudahan buat promosi. Namun, ada satu alasan lain mengapa warganet begitu mendambakan hal ini. Apalagi kalau bukan prestige.

Pengikut yang banyak membuat produkmu jadi kelihatan bergengsi dan seolah terkenal. Namun, kalau pengikutmu palsu, justru kamu bakal rugi. Selain harganya mahal, pengikut palsu ini juga menyulitkan akunmu buat masuk ke akun rekomendasi.

Makanya, lebih baik jaring banyak pengikut lewat campaign, endorsement, bahkan iklan di media sosial. Kamu nggak perlu bayar mahal lho buat pasang iklan digital.

Kutipan yang Menarik

Kutipan adalah senjata ampuh buat menarik pelanggan. Di sini, kemampuan menulismu diuji. Kamu gak perlu bisa bikin tulisan mendayu-dayu bak sastrawan kelas tinggi. Kamu hanya perlu mempelajari bagaimana copywriting yang baik.

Kalau kamu merasa belum sanggup melakukannya, jangan menyerah duluan. Gunakan jasa penulisan yang tepercaya. Mereka siap menuliskan copywriting dan artikel bermanfaat di situsmu.

Desain Menawan

Ini juga nggak kalah penting lho dalam berjualan di media sosial. Kesan pertama tentu berhubungan dengan apa yang ditangkap oleh mata.

Kalau kamu mau calon pelanggan tertarik dengan produkmu, buatlah desain post yang menawan dan benar-benar mewakili nuansa dari produkmu.

Soal desain, kalau kamu nggak jago, kamu bisa lho menggunakan aplikasi seperti Canva yang memudahkanmu dalam membuat desain grafis profesional.

Pasang Iklan

Walaupun danamu terbatas, hal itu nggak akan menghalangi kamu buat memasang iklan. Soalnya, tarif pasang iklan di Google, Instagram, dan Facebook terjangkau sekali. Kalau Kamu mau yang gratis bisa pasang iklan baris di iklan.gratis lho.

Kamu bahkan bisa memasang iklan mulai dari Rp10.000,00. Murah banget bukan? Kamu bisa mengatur target pemasaran dari iklanmu tersebut, jadi iklanmu bisa tepat sasaran dan bujet yang kamu belanjakan nggak sia-sia.

Kamu juga bisa menelaah seberapa besar engagement yang kamu dapatkan dari iklan yang sudah dipasang sebelumnya. Apabila sesuai target, maka kamu bisa menerapkan iklan ini lagi. Namun bila tidak, kamu dapat memodifikasinya supaya engagement produk lebih tinggi.

Manfaatkan Platform E-commerce

Walaupun kamu sudah punya media sosial, kamu tetap nggak bisa melupakan keberadaan e-commerce.

Platform yang satu ini bukan cuma berfungsi sebagai tempat promosi, tetapi juga sebagai sarana buat mempermudah pelangganmu untuk beli produk.

Kamu bisa menautkan link e-commercemu ke biodata media sosial, dan mengarahkan para pembeli buat mendapatkan produk dari sana. Ini adalah cara yang mudah dan tentu saja anti-penipuan.

Cara jualan lewat media sosial ternyata nggak sesulit yang kamu bayangin bukan? Sekarang, coba maksimalkan penggunaan media sosial buat mendongkrak laju bisnismu. Yakin deh, kalau kamu melakukan hal tersebut, bukan nggak mungkin penjualan produkmu jadi meningkat pesat.

Leave a Reply